You are here

Akademik

Beasiswa Program Pascarjana UNY

Beasiswa ini disediakan oleh PPs UNY bagi alumni UNY yang baru lulus dari program studi Sarjana dan Magister di lingkungan UNY yang berpredikat cumlaude. Kuota beasiswa ini ditetapkan oleh PPs UNY. Penerima beasiswa akan ditetapkan PPs UNY bersama-sama para dekan fakultas di lingkungan UNY, yang telah mengajukan nama-nama lulusan cumlaude yang dicalonkan sebagai penerima beasiswa.

 

Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI)

Beasiswa Pendidikan Indonesia merupakan program beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah Indonesia melalui pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) dan dikelola oleh Lembaga Penyedia Dana Pendidikan (LPDP), Kementerian Keuangan RI, yang ditujukan bagi para mahasiswa magister atau doktoral, baik yang sedang belajar di dalam negeri maupun luar negeri. Tujuan program ini adalah untuk mempercepat tersedianya lulusan Magister atau Doktoral yang berkualitas dan dapat memberikan kontribusi bagi ilmu pengetahuan dan teknologi.

Beasiswa ini terbuka bagi mahasiswa PPs UNY yang akan mengambil Program Doktor Program Studi Pendidikan Teknologi joint degree kerjasama dengan Technische University Dresden (TUD), Germany. Beasiswa ini harus diajukan 1 (satu) tahun akademik sebelum pendaftaran calon mahasiswa baru. Informasi lebih lanjut dapat diakses secara online melalui laman http://www.lpdp.kemenkeu.go.id/.

 

Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia

  • Unggulan Dosen Indonesia-Dalam Negeri (BUDI-DN)

Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia - Dalam Negeri (BUDI-DN) dibuka bagi Dosen Tetap (PTN dan PTS) di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi yang memiliki Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN). Beasiswa ini menggunakan sistem on line yang dapat diakses mahasiswa melalui laman dikti http://budi.ristekdikti.go.id/dn/ Beberapa persyaratan bagi Pelamar BUDI-DN sebagai berikut:

  1. Dosen pada perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh Pemerintah maupun swasta di lingkungan Kementerian Ristek dan Dikti yang telah mempunyai NIDN
  2. Memenuhi persyaratan Tugas Belajar yang ditetapkan pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 48 Tahun 2009
  3. Beasiswa tidak diberikan kepada pelamar untuk mendapatkan gelar kedua pada strata yang sama
  4. Beasiswa diberikan kepada mahasiswa yang memulai perkuliahan pada semester gasal (perkuliahan dimulai pada bulan September)
  5. Batas usia penerima beasiswa dalam negei untuk Dosen adalah 45 tahun untuk Program Magister dan 50 tahun untuk Program Doktor terhitung per tanggal 1 Desember tahun berjalan.
  • Unggulan Dosen Indonesia-Luar Negeri (BUDI-LN)

Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia – Luar Negeri (BUDI-LN) dibuka bagi Dosen Tetap (PTN dan PTS) di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi yang memiliki Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN) yang akan meraih gelar S3. Beasiswa ini menggunakan sistem on line yang dapat diakses mahasiswa melalui laman dikti http://budi.ristekdikti.go.id/ln/ Beberapa persyaratan bagi Pelamar BUDI-DN sebagai berikut:

  1. Dosen pada perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh Pemerintah maupun swasta di lingkungan Kementerian Ristek dan Dikti yang telah mempunyai NIDN
  2. Memenuhi persyaratan Tugas Belajar yang ditetapkan pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 48 Tahun 2009
  3. Tidak sedang melaksanakan studi lanjut atau berstatus mahasiswa aktif jenjang Program Doktor pada perguruan tinggi yang dituju di luar negeri (on-going)
  4. Tidak untuk mendapatkan gelar kedua pada strata yang sama
  5. Telah memiliki LOA (Letter of Acceptance) tanpa syarat (Unconditional) dari perguruan tinggi luar negeri
  6. Usia pelamar tidak melebihi 47 tahun per tanggal 31 Desember tahun berjalan.
  7. Mendapatkan ijin untuk melanjutkan studi dari pemimpin perguruan Tinggi Negeri bagi dosen PTN atau koordinator Kopertis Wilayah bagi Dosen PTS.

 

Beasiswa Unggulan

Program Beasiswa Unggulan dalam negeri merupakan upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia, baik bagi guru, pegiat sosial, seniman, siswa/mahasiswa berprestasi dan atlet peraih medali olimpiade Internasional, Juara tingkat nasional dan internasional bidang sains, teknologi, seni budaya, dan olah raga, guru berprestasi dalam berbagai bidang, pegawai/karyawan yang berprestasi dan mendapatkan persetujuan dan direkomendasikan oleh atasannya, serta pegiat sosial.

Prioritas utama program Beasiswa Unggulan diperuntukan bagi mahasiswa untuk melanjutkan studi pada jenjang pendidikan Sarjana, Magister, dan atau Doktor pada perguruan tinggi minimum terakreditasi B dan program studi terakreditasi A perguruan tinggi Indonesia. Registrasi dilakukan secara online di http://beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id.

 

Beasiswa Hibah Penelitian Disertasi

Hibah Penelitian Disertasi merupakan beasiswa yang diberikan oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (DP2M) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi untuk mahasiswa Program Doktor. Hibah tersebut berupa bantuan dana Penelitian Disertasi Doktor, yang substansi penelitiannya merupakan bagian dari penelitian disertasinya. Informasi mengenai beasiswa ini dapat diakses melalui http://simlitabmas.dikti.go.id/

 

Beasiswa Peningkatan Kualitas Publikasi Internasional (PKPI)

Pendaftaran Beasiswa Peningkatan Kualitas Publikasi Internasional (PKPI) diperuntukkan bagi mahasiswa Program Doktor pada pascasarjana penyelenggara BPP-DN. Informasi lebih lanjut dapat dibuka melalui laman http://beasiswa.dikti.go.id/pkpi/

 

Beasiswa Kemitraan Negara Berkembang (KNB)

Beasiswa ini, disebut juga Developing Countries Partnership Program on Scholarship, dimaksudkan untuk meningkatkan hubungan kerja sama dan kemitraan di antara negara-negara non-blok. Beasiswa diberikan kepada mahasiswa dari negara-negara berkembang anggota non-blok yang ingin belajar di PPs UNY. Pada awalnya program beasiswa ini terbatas untuk mahasiswa jenjang magister, dan selanjutnya mulai tahun 2014 beasiswa ini juga diberikan kepada mahasiswa jenjang doktor. Mahasiswa yang pernah mendapatkan beasiswa ini di antaranya berasal dari Thailand, Vietnam, Laos, Kamboja, Myanmar, Pakistan, Banglades, India, Srilangka, Korea, Ukraina, Azerbaijan, Usbekistan, Turki, Burundi, Ethiopia, Guyana, Kenya, Mali, Maroko, Nigeria, Madagaskar, Suriname, Tanzania, Fiji, Papua New Guinea, Meksiko, Kolombia. Untuk informasi lebih lanjut dapat dibuka di laman http://www.knb.dikti.go.id/

 

Beasiswa Lain

Pada PPs UNY selain tersedia beasiswa yang telah disebutkan, juga tersedia beasiswa dari pemerintah (pusat) maupun pemerintah daerah, antara lain Beasiswa PAUDNI (bagi guru TK), Beasiswa Vokasi (bagi guru SMK), Beasiswa Kemenag (bagi guru dan dosen di bawah Kemenag), dan Pemerintah Daerah Mitra

 

Kontak Kami

PROGRAM PASCASARJANA

Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. +62274-550836 (front office), Hunting +62274-586168, Psw. 229; 453; & 367
Fax. +62274-520326
Website : 
http://pps.uny.ac.id