PRODI S2 PENDIDIKAN BAHASA JAWA PPs UNY RAIH AKREDITASI “B"

Setelah melalui proses penilaian akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), Program Studi S-2 Pendidikan Bahasa Jawa Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (PPs UNY) berhasil meraih peringkat B dengan perolehan nilai 316. Hasil tersebut dituangkan dalam SK BAN-PT Nomor: 1146/SK/BAN-PT/Akred/M/XI/2015 yang berlaku hingga 7 November 2020. Proses akreditasi Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Jawa PPs UNY terselesaikan dengan melewati beberapa tahapan penilian. Penilaian tersebut antara lain pengisian borang, dokumentasi akreditasi, hingga kunjungan langsung dari tim penilai pada Oktober tahun lalu.

Peringkat B yang diperoleh tentu membanggakan karena Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Jawa termasuk Program Studi yang baru dibuka oleh Program Pascasarjana UNY. Sebagaimana diketahui, Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Jawa PPs UNY baru saja didirikan bedasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang ijin Penyelenggaraan Program Magister Pendidikan Bahasa Jawa No. 360/E/0/2014. Jadi ini adalah akreditasi pertama yang harus dilalui Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Jawa PPs UNY. Tujuan adanya akreditasi adalah menilai kualitas dan kelayakan pelaksanaan Program Studi.

Diperolehnya akreditasi tersebut bukanlah menjadi tujuan akhir bagi Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Jawa PPs UNY. Capaian tersebut akan menjadi acuan bagi Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Jawa PPs UNY untuk senantiasa meningkatkan kualitas agar mampu menghasilkan lulusan yang memiliki bekal kemampuan dan keunggulan akademik serta nilai-nilai humanistik. (Andrilia)